Rabu, 20 Juni 2012 - , , , , , , , , , , , 7 komentar

Lagi...dia lagi......HAKI yang mana ?

Setelah beberapa waktu lalu kita berbicara tentang Software Bajakan, Halal Dan Haram, Anti Terhadap Virus, Sekarang kita masuk ke topic baru yaitu HAKI (HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL).
Kenapa, karena setelah saya jalan-jalan menemukan berita menarik, dan tentu nya wajah mereka tidak asing lagi, karena unyu dan sering tampil sebagai "Artis" di Anti Plug ini. (Waang ka waang juo lai yuang).

Berikut Gambar nya...


Yah, saya tertarik dengan judul nya yg WOW GITU.
baik nya kita kupas apa itu Clear OS. OK....
ClearOS (sebelumnya bernama ClarkConnect) adalah Distro Linux, berbasis pada CentOS (Red Hat Enterprise Linux (RHEL) versi komunitas), didesain khusus untuk digunakan sebagai gateway jaringan dan server jaringan dengan antarmuka berbasis web. ClearOS di desain sebagai alternatif dari Windows SBS[5]. ClearOS diterbitkan pada tahun 2009 dari dasar ClarkConnect oleh tim ClearFoundation. ClearOS 5.1, pertama kalinya menghapuskan pembatasan pada fitur email,DMZ, dan MultiWAN yang sebelumnya ada pada ClarkConnect.

Ya, secara awam nya, Clear OS dipakai untuk server dan jaringan yang berbasis web.
Trus pelanggaran HAKI maksudnya apa ? apa dikarenakan ada jenis server bajakan ?
Saya rasa Sys Admin server pasti memakai yang opensource seperti Solaris, Novell, Suse Enterprise, RedHat, atau Ubuntu Server, dalam menjalankan server nya, dan beberapa lain nya, menggunakan Windows Server, dan sangat jarang ditemukan memakai server perusahaan hasil dari cracking, warez, ataupun lain nya.

Kenapa ne orang selalu menyebut HAKI, HAK CIPTA, LEGAL / ILEGAL  dalam mempromosikan produk. ? Mungkin karena dia memikir make dengkul, dan menganggap pengguna server masih banyak yg memakai bajakan dan saat nya beralih ke system opensource dan gratis.

Selama dia masih membicarakan HAKI / Property Right, apakah dia sudah menerapkan kepada diri sendiri?
HAKI itu tidak sebatas Software / perangkat lunak, masih banyak yang tidak disadari jika mereka juga telah melanggar HAKI tersebut, sebut saja contoh nya Mp3 yang mudah di dapatkan di internet.
Ga perlu berkoar-koar tentang Pelanggaran HAKI jika diri lu masih belum mengerti apa itu Property Right.
Sekarang gw tanya......ini pelanggaran HAKI yg mana ?


7 komentar:

Riza 24 Juni 2012 pukul 03.23

eh, saya udah menemukan lo perusahaan yang pake server bajakan. bener deh. tahun 2005 lo, udah lama kan? ada banyak kok perusahaan yang pake servernya windows dan bajakan. juga pake router yang bajakan juga, misalnya pake windows trus install wingate atau winroute, banyak tuh, juga mail server pake m-daemon. saya benar2 melihat dengan mata kepala sendiri. sayangnya ga ada skrinsyut

xx 24 Juni 2012 pukul 03.36

ha..ha..ha.ha..ha.....
tapi kaya nya sekarang ini sudah jarang sekali kita menemukan server yang di intallasi dengan property bajakan, ini kita bicara dengan perusahaan skala menengah ke atas, kalo perusahaan skala kecil mungkin masih ada beberapa persen.

Sejak BSA (Business Software Alliance) pada 2006 - 2007 mulai merazia perusahaan skala menengah ke atas, banyak perusahaan yang migrasi ke opensource. termasuk beberapa instansi pemerintahan pusat, sehingga beberapa waktu lalu ada nya surat edaran agar semua instansi -pemerintah memakai software legal, atau migrasi ke system terbuka...
BUkan begitu...

Riza 26 Juni 2012 pukul 09.39

nyatanya masih ada dan banyak. dan lagipula siapa sih, orang yang baru belajar langsung bisa masuk ke perusahaan besar? pasti belajar dari bawah dulu kan? dengan demikian mereka akan belajar bagaimana menerangkan alasan penggunaan teknologi tersebut kepada calon kliennya. bagaimana membandingkan teknologi2nya. tapi bukan berarti narasumber 100% benar lo. pengalaman saya, jangankan di dalam forum yang "live", bahkan buku pun sering salah. nah disini peran kita membetulkan itu. caranya ya perbaiki forum itu, sumbangkan pengetahuan, metode, waktu dsb yang bisa kita berikan. kalau dengan konfrontasi saya rasa ga akan membetulkan yang salah, hanya akan menimbulkan masalah saja.

Anonim 26 Juni 2012 pukul 10.31

seperti yang sudah dikomentari oleh rekan-rekan di postingan lainnya, bagaimana bisa memberikan kontribusi klo petinggi-petinggi anda yang di komunitas tersebut bertingkah layaknya bocah? takut dipojokkan? takut disaingi? atau merasa digurui?

kalau takut, ga usah bikin forum BOS. banci kaleng dipelihara, parah

Riza 26 Juni 2012 pukul 19.42

hehehehe, mungkin anda lupa. admin itu bukan tuhan. mungkin waktu itu dia lagi capek, ada masalah atau lagi ga fokus gitu. tiba2 baca di forum ada yang agak panas, doeng!! terjadilah itu pengeblokan.tapi kan udah saya buka lagi.
saya rasa ga takut digurui lah.cuman pake bahasa yang sopan aja.soalnya mereka itu udah senior (umurnya) dengan bahasa yang memojokkan seperti itu dengan tipikal pengguna yang muda2 semua, otomatis itu ga menghargai namanya.masih banyak cara lain yang lebih baik kok, untuk menyampaikan maksud baik. dan saya rasa kalau ada yang janggal dan rasa2nya ga enak, jangan dibuka di forum, tapi hubungi ybs langsung atau lewat teman lain.

xx 27 Juni 2012 pukul 00.32

He....he..he....
admin memang bukan tuhan, tapi admin yang bijak adalah yang bisa memilah kalau urusan pribadi ga perlu di bawa ke komunitas....
kalau bermasalah di rumah, mending ga usah di bawa-bawa ko komunitas......
jika dia memang admin yang bijak, saya rasa cukup memblock orang yang bermasalah, jgn semua yang baru masuk suspect adalah trouble maker..lol
masalah bacaruik itu, urg yang bacaruik, awak yang kanai gatah nyo....LOL

masalah umur, jgn dibawa ke dunia maya, sapapun bisa menjadi apapun di dunia maya, seorang laki-laki bisa menjadi perempuan di dunia maya...

Kalau anda ingin di hargai, jalin komunikasi dengan baik, jgn mudah terpancing suasana.

Anonim 10 Juli 2012 pukul 08.07

"saya rasa kalau ada yang janggal dan rasa2nya ga enak, jangan dibuka di forum, tapi hubungi ybs langsung atau lewat teman lain"

pangacuik ang mah!!

klo lai maraso batua, ndak paralu takuik. ko baa kok kacuik ang dibahas diforum? senior kalera apo lo namonyo tu, gadang di umua tapi caro bapikia nyo ndak babeda gai jo awak2 nan ngenek2 ko doh :P

Posting Komentar